Tiga Amalan Dahsyat Pada Bulan Rajab Tahun Ini yang dianjurkan

Tiga Amalan Dahsyat Pada Bulan Rajab Tahun Ini yang dianjurkan

Tiga Amalan Dahsyat Pada Bulan Rajab – Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Pada bulan inilah Allah SWT membuka pintu pengampunan bagi hambanya yang mau bertaubat serta memperbaiki diri. Selain itu, bulan Rajab menjadi bulan riyadhah atau melatih diri untuk menjalankan berbagai ibadah agar seorang hamba memiliki kesiapan yang matang saat memasuki bulan suci Ramadhan.

Terdapat banyak sekali amalan-amalan ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan setiap memasuki bulan Rajab dan sebagai umat islam kita wajib mengetahui amalan-amalan tersebut.

Amalan-amalan ibadah tersebut tentunya akan berdampak besar bagi diri kita sendiri kalau dikerjakan dengan niat yang baik dan semata-mata mencari keridhaan Allah SWT.

Dari sekian banyak amalan-amalan ibadah tersebut admin akan berbagi 3 (tiga) saja yang bisa dikerjakan selama bulan Rajab tahun ini.

1. Puasa sunah

Puasa Rajab adalah ibadah puasa yang ditunaikan di bulan Rajab, ini ibadah terbaik di bulan Rajab. Dalam kitab Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia oleh Ahmad Warson, dijelaskan bulan Rajab adalah nama bulan dalam kalender Islam sebelum bulan Sya’ban dan setelah bulan Jumadil Akhir.

Di dalam kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhazzab oleh Imam Al-Nawawi diungkap sebuah pendapat, bahwa di antara puasa yang disunnahkan adalah puasa bulan-bulan haram, yaitu Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab, paling utama adalah Muharram.
  • Jika berpuasa sehari di bulan Rajab akan mendapatkan surga tertinggi (Firdaus) dan akan lipat gandakan pahalanya.
  • Puasa 3 hari di bulan Rajab akan dibuatkan parit yang panjang untuk menghalangi orang tersebut ke neraka (panjangnya setahun perjalanan).
  • Puasa 7 hari di bulan Rajab akan dilindungi dari 7 pintu neraka.
  • Puasa 16 hari di bulan Rajab akan dipertemukan dengan Allah di dalam surga dan menjadi orang pertama yang menziarahi Allah dalam surga.
  • Puasa satu hari di bulan Rajab seumpama puasa empat puluh tahun dan akan diberi air minum dari surga.
Baca Juga : 

2. Perbanyak Istighfar dan berdo’a

Memperbanyak membaca istighfar merupakan amalan baik yang juga dianjurkan pada bulan Rajab. Dianjurkan membaca istighfar sebanyak 3 kali usai shalat wajib. Adapun bacaan istighfar yang bisa kamu amalkan sesuai hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhori yakni seperti di bawah ini:

أَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku atas ikatan janji melakukan perintah-Mu tidak kuasa. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku lakukan. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Memperbanyak membaca istighfar dan bertaubat dengan sungguh-sungguh. Menurut Habib Muhammad Albagir, Rajab menjadi kesempatan bagi seorang hamba untuk memohon ampunan Allah dan bertaubat atas setiap dosa yang dilakukan. Karena itu pula, Rajab disebut juga dengan syahrul istighfar.

Selain memperbanyak istigfar kita juga dianjurkan untuk selalu membaca do’a pada bulan Rajab, salah satu do’a yang sangat dianjurkan adalah doa berikut ini:

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Artinya: "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan."

3. Mengeluarkan Sedekah

Salah satu amalan baik lainnya pada bulan Rajab yaitu mengeluarkan sedekah. Melansir dari situs NU Online, bersedekah pada bulan Rajab dapat membebaskan kita dari api neraka. Ini tertulis dalam hadis Rasulullah SAW yang bunyinya sebagai berikut:

“Barang siapa bersedekah pada Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka, sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua.”

Post a Comment for "Tiga Amalan Dahsyat Pada Bulan Rajab Tahun Ini yang dianjurkan"